Kunjungan Charge D’ Affaires (Ad Interim) Kedutaan Mesir Di Indonesia Ke KPU

Kunjungan Charge D’ Affaires (Ad Interim) Kedutaan Mesir Di Indonesia Ke KPU PDF Cetak E-mail
Selasa, 04 September 2012
 Jakarta, kpu.go.id- Charge D’affaires (Ad Interim) Kedutaan Mesir Di Indonesia, Hisham Nagi, berkunjung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka membicarakan kerjasama kepemiluan antara KPU dengan Mesir, Selasa (4/9). Kunjungan ini diterima langsung oleh Ketua KPU, Husni Kamil Manik di ruang kerjanya didampingi oleh Anggota KPU, Hadar N. Gumay, Ferry Kurnia Rizkiyansyah dan Arief Budiman.

Dalam pertemuan ini, Hisyam Nagi menyampaikan rencana lawatan Hakim Agung yang juga merangkap sebagai Sekretaris Penyelenggara Pemilu Parlemen dan Presiden di Mesir, Hatem Bagato, beserta rombongan tanggal 12-15 September 2012 ke Indonesia.

Lawatan ini merupakan lawatan Mesir ke 3 (tiga) negara, yaitu, Jepang, Indonesia dan India dalam rangka pertukaran pengalaman dalam bidang demokrasi dan kepemiluan. Rombongan ini akan ditemui oleh KPU pada Kamis (13/9).

Selain itu, disampaikan pula bahwa Mesir ingin memperkuat kerjasama antara Mesir dan Indonesia, terutama dalam bidang demokrasi dan penyelenggaraan pemilu. Mesir melihat kesuksesan penyelenggaran pemilu di Indonesia dan ingin belajar lebih dalam mengenai pengaturan dan persiapan pemilu di Indonesia.

Sampai saat ini, Mesir dan Indonesia dengan dipimpin oleh Hasan Wirayuda telah bekerjasama dalam pertukaran ilmu dan pengalaman melalui program implementasi Bali Democracy Forum. Dalam kerjasama ini, Mesir dan Indonesia telah mengadakan 4 kali workshop demokrasi dan kepemiluan dengan rincian, 2 workshop di Indonesia dan 2 workshop di Mesir. Mesir dan Indonesia berharap kerjasama ini dapat lebih ditingkatkan lagi pada masa yang akan datang.

Hisyam Nagi juga menyampaikan, Mesir saat ini sedang dalam tahap perencanaan pengaturan Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) dan sangat berharap KPU dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai pengaturan dan persiapan Pemilukada.

Ketua KPU menyampaikan apresiasi terhadap keinginan kerjasama dari pihak Mesir dan berharap Indonesia dapat berperan lebih besar dalam upaya pengembangan demokrasi dan kepemiluan di negara-negara Arab, terutama Mesir. Apabila dimungkinkan, kerjasama ini dapat diimplementasikan dengan pelaksanaan konferensi dan pertemuan penyelenggara serta praktisi pemilu bahkan sampai pada tingkat Asia Afrika.

Menjawab permintaan terkait penjelasan pengaturan dan persiapan Pemilukada, KPU juga akan menjelaskan lebih dalam mengenai Pemilukada dalam pertemuan nanti, dan berharap apa yang akan disampaikan nanti bermanfaat bagi rencana pelaksanaan Pemilukada di Mesir. Lebih lanjut lagi, KPU akan menjelaskan bagaimana pelaksanaan Pemilukada serempak dengan contoh Pemilukada di Aceh dan Sumatera Barat beserta permasalahan dan kesulitan yang dihadapi.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Ketua KPU kepada Duta Besar Mesir di Indonesia disertai dengan foto bersama. (whd/red)
 

0 komentar: