Keluarga Soeharto Tak Mengemis ke Pemerintah Soal Pemberian Gelar

Keluarga Soeharto Tak Mengemis ke Pemerintah Soal Pemberian Gelar

Andri Haryanto - detikNews
Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda
Jakarta Putri mantan Presiden Soeharto, Siti Hadianti Heryadi enggan mengomentari tanggapan miring masyarakat yang menolak pencalonan gelar pahlawan nasional bagi ayahnya.

"Biar saja, biar masyarakat yang menilai. Dikasih alhamdullilah, enggak juga nggak apa-apa," katanya atau biasa dikenal dengan sebutan Titiek Soeharto usai mengikuti Rapimnas Partai Golkar (PG), di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Senin (18/10/2010).

Menurut Titiek, pihak keluarga menyerahkan mekanisme penilaian dalam pencalonan Soeharto kepada pemerintah.

"Sebagai keluarganya kita enggak ngoyo, enggak mau mengemis. Itu kan pemberiannya pemerintah atau penguasa di Indonesia," tutur Titiek.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengatakan pemerintah sudah menyaring 10 nama calon pahlawan nasional. Mereka adalah Ali Sadikin dari Jawa Barat, Habib Sayid Al Jufrie dari Sulteng, HM Soeharto dari Jawa Tengah, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari Jawa Timur.

Selanjutnya Andi Depu dari Sulawesi Barat, Johanes Leimena dari Maluku, Abraham Dimara dari Papua, Andi Makkasau dari Sulawesi Selatan, Pakubuwono X dari Jawa Tengah, dan Sanusi dari Jawa Barat.

Nama-nama ini sekarang akan dibawa ke Dewan Gelar, Tanda Kehormatan, dan Tanda Jasa yang dipimpin Menkopolhukam. Di dewan ini, nama-nama itu akan diseleksi lebih jauh dengan berbagai kriteria.

(ahy/mok)

0 komentar: